Translate

20.11.16

Makna Bahagia Seorang Blogger

"Postingan ini diikutkan dalam lomba blog 10 tahun Anging Mammiri. Tema lomba blog Saya Ngeblog, Saya Hepi. Tema ini menggambarkan tema utama peringatan 10 tahun Anging Mammiri yaitu bagaimana para blogger mendapatkan kebahagiaan dari kegiatan ngeblog"


Setiap orang punya definisi masing-masing untuk bahagia. Ada yang bahagia kalau punya uang banyak, serta mobil mentereng. Ada juga yang bahagia kalau hidup bebas hutang. Dan ada juga yang bahagia hanya dengan dua anak cukup. Well, yang terakhir itu bahagia versi anjuran pemerintah zaman orde baru.

Terus apa sih, makna bahagia seorang blogger

Waktu zaman awal memulai ngeblog, menurut pengamatan pribadi nih, orang yang menyebut diri seorang blogger, adalah pemilik blog yang memiliki tulisan yang berkualitas, punya traffic blog yang ramainya kaya pasar, super aktif dalam posting blog, dan yang paling penting isi blog-nya orisinil. Maksud orisinil disini adalah tulisan-tulisan yang di-post dalam blog memiliki“jiwa”, sehingga para reader blog selalu ingin kembali berkunjung. Itu dulu, sekarang sepertinya dunia blogger sudah mengalami reformasi dalam hal kesetaraan, sehingga hampir setiap orang yang memiliki blog dengan berbagai macam hosting apakah blogspot, worpress, tumblr dan hosting yang lain, dapat menyebut diri sebagai seorang blogger. Atau ini hanya dalam perasaanku saja kali ya.

Oh iya hakikatnya seorang blogger itu manusia, maka pasti tujuannya ingin bahagia. Ya, iyalah, kalau tujuannya untuk sengsara, itu kurang kerjaan namanya. Jadi, apa saja sih makna bahagianya seorang blogger ? Berikut saya coba kompilasi tipe dan makna bahagia seorang blogger :
  1. Blogger Up-To-Date : Blogger jenis ini paling bahagia kalau bisa nge-post blog setiap hari bahkan kalau bisa nge-post sampai 3 (tiga) kali dalam sehari, untuk menunjukkan konsistensinya terhadap dunia per-blogeran
  2. Blogger Demi Status : Blogger satu ini bahagianya kalau diakui oleh para teman-temannya kalau dia seorang blogger. Jika tidak diakui, dia akan memaksakan kehendaknya. Contohnya, dia rajin endorse dirinya di media sosial  dengan caption “Blogger ka’ ini kaue, masa ko tidak sadar cika”.
  3. Blogger Iklan Sejati : Blogger ini banyak iklannya dan paling bahagia kalau sudah mau terima honor dari hasil nge-blog-nya. Nassami, saya juga suka kalau yang ini.
  4. Blogger untuk kau dan si buah hati : Blogger ini sama tipe bahagianya dengan blogger iklan sejati, bedanya dia dapat pahala karna mencari rezeki yang halal melalui tulisan.
  5. Blogger Panas Dingin : Bukan, ini bukan blogger yang lagi kena malaria. Tapi ini blogger yang suka sesuai moody kalau posting, kaya saya gitu. Blogger ini bahagia kalau bisa posting satu saja dalam seminggu atau sebulan atau bahkan setahun.
Itulah kompilasi tipe dan makna bahagia seorang blogger. Tapi jangan terlalu serius lihatnya, ini hanya buat candaan saja.

Lalu apa makna bahagia seorang blogger, untuk saya pribadi  ?

Usia Nge-blog hampir 9 (sembilan) tahun. Pastinya banyak. Banyak banget. Saya bisa bertemu orang-orang yang luar biasa dengan tulisan-tulisannya yang kreatif. Bertemu via nge-blog dengan Pak NH, yang merupakan trainer idola teman-teman kantor saya dahulu. Bisa ikutan menjadi bagian blogger meski hanya anggota pasif dan tidak jelas serta hanya bisa bersua via email, media sosial, blogwalking namun tetap mendapat sambutan hangat dari para tetua dan anggota bloggernya yang luar biasa.
Oh iya bahkan akibat mengikuti anging mammiri nama saya akhirnya bisa tercantum dalam sebuah halaman buku Makassar Nol Kilometer. Ini sungguh pengalaman yang membahagiakan. Sumbangan tulisan saya memang masih sangat sederhana dan jauh dari sempurna, namun Alhamdulilah bisa dimuat juga berkat tim editing yang mantap. Ah bahagianya.  
Sribuna merupakan blog pribadi yang masih jauh dari label seorang blogger, jarang posting, isinya juga masih belum orisinil dan memiliki jiwa tapi ah, peduli amat. Yang penting bisa posting lagi setelah dua ratus lima puluh tahun lamanya belum posting apa-apa. Lebay memangnya highlander, hanya berapa bulan saja belum posting kok. Tapi, tetap bahagia dong. Namanya juga blogger panas dingin.

Yuk, Keep on blogging !  

Sumber Gambar : Disini

 
  

Tidak ada komentar: