Translate

27.10.14

Blogging, Penasaran Berbuah Pengalaman

~ Postingan ini diikutkan pada event posting memperingati Hari Blogger Nasional, #SewinduAM dalam rangka ulang tahun ke 8 Komunitas Blogger Makassar Angingmammiri ~


sumber gambar : disini


”keren, catatan pribadi bisa diunggah dalam internet, ceritanya  lucu lagi…..”

Ini adalah kalimat pertama yang terlintas dalam pikiran, saat membaca salah satu blog yang jujur, saya sudah lupa siapa nama pemilik blognya. Saat itu, sekitar pertengahan tahun 2007 dan satu-satunya media sosial yang saya kenal hanyalah Friendster, sedangkan blog ? Apaan tuh ?

Sebagai orang yang awam dalam teknologi informasi, catatan pribadi yang diunggah secara online adalah sebuah konsep yang sangat menarik. Tak pernah terpikir jika, menulis sebuah diary tidak akan dibatasi oleh kertas dan pulpen saja. Selain itu, jika catatan pribadi dikemas dengan cara menarik akan mengundang pengunjung dan tentunya menghasilkan rupiah yang tidak sedikit. Salah satu yang sukses mengembangkan adalah Raditya Dika dengan Blog Kambing Jantan.

Nah, berhubung saat itu saya belum mengenal tentang seluk beluk blogging, jadi terbatas hanya mencari informasi  tentang cara membuat “website”. Pola dasar pembuatan website dengan mengatur xml ini cukup rumit, dan membuat saya menyerah. Padahal saya berhasil membuat web dalam seminggu, meskipun terbatas dalam satu tampilan sederhana saja.

Akhirnya, saya coba ubah keyword dari website menjadi “catatan harian online” dan saya menemukan referensi cukup banyak , buka sana-buka sini akhirnya saya menemukan salah satu blog yang isinya lucu, sedih, pokoknya komplit. Blog itu tentang hijau. Tentang hijau ini menggunakan platform blogspot, jadi saat membuka tampilan, pengunjung akan digiring pada tombol daftar baru. Tutorialnya singkat, mudah, jelas sehingga pembuatannya hanya memakan waktu 10 (sepuluh) menit dan jadilah blog.

Setelah menemukan domain, tahap kedua adalah memberikan nama blog. Mencari nama buat blog ini gampang-gampang susah, sebab nama adalah identitas dari sebuah blog jadi harus unik dari blog-blog yang telah ada sebelumnya. Selain itu, judul blog adalah gambaran keseluruhan dari blog tersebut. Pada awal blogging, saya menggunakan nama Hitam Putih, Cerita tentang Air, Sepatu Boot dan Mie Pangsit dan terakhir saya rubah konsep keseluruhan blog ini dan merubah nama blog ini seperti nama saya sendiri SriBuna.

Tidak adanya pressure dalam menulis blog, adalah salah satu kelebihan dan kekurangan dalam blogging. Disebut kekurangan, karena tidak ada batasan waktu jadi kadang tidak tertib dalam memposting sebuah tulisan. Bahkan terakhir, absen sampai 2 (dua) tahun lamanya. Itu, adalah rekor terlama saya tidak memposting tulisan. Hebat khan ?

Untung saja, ada komunitas anging mammiri. Sebuah komunitas unik yang berisi para blogger-blogger yang memiliki latar belakang berbeda namun memiliki ide-ide yang kreatif, idealis terhadap kebudayaan daerah, dan tetap membumi. Yah, mungkin saya tidak begitu aktif di komunitas ini, tapi saya usahakan agar dapat mengikuti kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan blogging. Jadi, kalau pas niat blogging lagi menurun pas juga komunitas buat lomba-lomba yang membuat semangat untuk membuat postingan baru, seperti kemarin #blogbucket yang sempat saya ikuti.

Awal perkenalan manis dengan Komunitas Anging Mammiri sudah lumayan lama, sekitar tahun 2009 kalau tidak salah. Ini ketemunya setelah membaca link punya tentang hijau ke mba mira, lalu dari mba mira link  ke mba rara.  Nah, mba rara saat saya berkenalan dengan anging mammiri, selain founder juga masih menjabat sebagai ketua Anging Mammiri.  Beliau adalah wanita multi talent dengan segudang kesibukan yang nggak main-main. Oh iya, setelah mba rara, tongkat estafet diserahkan ke Daeng Gassing, yang selama kepemimipinannya banyak hal-hal yang kreatif  dan tentunya berguna untuk komunitas. Dan, setelah daeng gassing yang melepaskan jabatan ketua anging mammiri, tongkat estafet sekarang diteruskan oleh Daeng Ahmad MA, jujur nih karena lama absen dari milis, blog, twitter dan facebook jadi saya belum mengenal jauh karakter beliau tapi pastinya jika telah terpilih sebagai ketua AM, tentunya beliau memiliki kemampuan yang mumpuni sehingga dipercayakan membawa Anging Mammiri ke level yang lebih mantab lagi.  Amiiin.


Umur delapan tahun bukanlah hal mudah bagi sebuah komunitas untuk bertahan dan menjadi besar seperti sekarang. Semoga Komunitas Anging Mammiri semakin luas gaungnya, makin sukses, makin banyak peminatnya. Selamat Ulang Tahun ke-Delapan dan Selamat Hari Blogger ! Cheers ! 


3 komentar:

Triadi C Laksono mengatakan...

jadi ingat jaman2 buku diary dan friendster trus mesti posting tulisan di warnet :D

Rara mengatakan...

ahahaha kesibukan yang tidak main-main :)) padahal semuanya sambil maen :P

Sri mengatakan...

@triadi : iya kak , masa lalu ...^_^
@mba rara : ah, mba rara merendah :)