Translate

19.10.14

7 Tempat Hangout Kota Makassar Era 90-an

~ Postingan ini diikutkan pada event tantangan blogbucket #SewinduAM dalam rangka ulang tahun ke 8 Komunitas Blogger Makassar Angingmammiri sekaligus menjawab tantangan dari Anbhar (@andhy2) dengan tema Seputar Kota ~


Sebelum wajah kota makassar tercinta digerus oleh modernisasi, menuju konsep kota masa depan, cukup banyak tempat hiburan yang sekitar transisi tahun 1990 – 2000 menjadi ikon sebagai tempat hangout para kawula muda, berikut listnya :  

  • Pantai Losari


Sumber Gambar : disini

Meskipun sering terjebak macet, pantai losari selalu menjadi salah satu tujuan favorit untuk para muda Makassar, mulai dari  view pantai di waktu senja, menu yang beraneka ragam, hingga harga makanan yang terjangkau. Hanya sayang, para penjual biasanya semena-mena membuang limbah sisa makanan di pantai losari sehingga menimbulkan bau yang kurang sedap.  
  •     Lapangan Karebosi

Sebelum dwifungsi karebosi menjadi sarana olahraga dan tempat belanja representatif bagi masyarakat kota Makassar, Lapangan Karebosi hanya dikenal sebagai tempat olahraga disiang hari dan malam hari berubah wajah menjadi kawasan remang-remang bagi yang tua maupun yang muda. Untung saja, pemkot segera merubah stigma ini dengan merubah total konsep lapangan karebosi.
  •  Maricaya Mall, Kompleks Latanete Plaza

Mall yang terletak di bilangan jalan sungai saddang, termasuk salah satu mall, yang grand openingnya sangat sukses di kota Makassar. Sayang, mall ini berakhir dengan menutup kegiatan operasionalnya yang isunya disebabkan oleh masalah finansial. Padahal, tempat ini selalu ramai pengunjung , dan menjadi salah satu tempat favorit para muda Makassar.
  •      Bakso Total.

Terlepas dari sentimen negatif yang ditujukan terhadap warung bakso yang berada tepat di depan pantai losari ini, tempat ini tetap ramai dikunjungi. Dengan setingan yang terdiri dari rumah makan 2 (dua) lantai, alhasil lantai 2 (dua) selalu menjadi tempat favorit para muda untuk mendapatkan tempat makan yang enak plus pemandangan yang indah.

  •     Live Musik di Eks Makasa

Sebenarnya, saya lupa letak dan nama tempatnya, tapi kalau tidak salah tempat ini terletak di bekas makasa yang dialihfungsikan menjadi tempat grosir, pasca kebakaran. Venue ini terletak ditengah kompleks eks makasa. Umumnya malam minggu terdapat acara bazaar, yang akan dipadati para muda Makassar untuk menikmati live musik indie rock alternatif atau genre yang lain. Yang jelas jaman ini musik jazz belum begitu “happening” seperti sekarang.
  •     Taman Kota di Jl. Sultan Hasanudin dan Jl. Slamet Riyadi

Selain fungsi utama taman sebagai penghijauan kota, taman yang terletak di Jl.Hasanuddin dan Jl.Slamet Riyadi yang berdekatan dengan Kantor Pos Besar Kota Makassar ini, juga berfungsi sebagai sarana bermain anak. Namun, terkadang taman ini juga dialih fungsikan sebagai acara live musik yang diadakan oleh band-band pelajar kota Makassar pada era-90an.

  •     Jasbog Teknik Unhas

Sebenarnya ini agak tidak nyambung, tapi gak apa-apalah dimasukkan dalam list. Dulu sih tempatnya terletak di depan Koperasi Mahasiswa Unhas yang biasanya disingkat KOPMA. Tempat ini boleh dibilang strategis, strategis karena biasanya ditempat ini banyak berseliweran mahasiswa teknik yang keren-keren plus makanannya yang juga enak serta murah. Komplit kan ?  

Demikian 7 (tujuh) tempat hangout kota Makassar era-90an. Tapi sebelum menutup postingan ini, saya ingin membuat 2 (dua) wishlist landmark untuk kota Makassar tercinta : Ingin ada kebun binatang dan terakhir ingin punya taman kota yang luasnya seperti di film-film barat itu.

~Selanjutnya tantangan blog bucket akan saya teruskan ke rizved, dengan tema “Budaya”.~


4 komentar:

blogpemimpi mengatakan...

like,.ijin share nah..hehehe

Sri mengatakan...

iya silahkan, terima kasih sdh mampir :)

Kang Mhan mengatakan...

Kalau sekarang tempat2 yang di atas tadi masih ada gak mbak ?

Sri mengatakan...

maaf bru sempat baca komennya :)... ini era2 90-2000-an. sekarang sy berada di palu dan sepertinya sekarang sudah banyak perubahan di mks :)