Translate

1.10.12

Doomsday Preppers



Pernah Nonton di National Geograhic ?

Ini salah satu acara dari natgeo yang cukup keren (menurutku) dimana menampilkan sejumlah orang yang mempersiapkan skenario terburuk jika tertimpa bencana alam,  inflasi, serangan teroris, bom atom dan lain sebagainya. Persiapannya juga gak main-main loh. Air yang berliter-liter, Makanan yang berlimpah (Sebagian diawetkan sehingga bisa bertahan bertahan bertahun-tahun), senjata bahkan beberapa preppers memiliki bunker yang sengaja disiapkan dengan segala perlengkapan di dalamnya yang membuatku takjub.

Aniway, Aku juga ingin menjadi prepper, mengesampingkan semua komentar negatif videonya yang dipasang di youtube. Karna lebih baik bersiap daripada panik tanpa melakukan apa-apa jika terjadi hal-hal yang kita tidak inginkan. 
Oh yah aku melakukan persiapan bukan dengan melakukan penyimpanan makanan dan minuman dengan jumlah yang fantastis bahkan membuat bunker yang pasti cukup besar pengeluarannya. Ini hanya beberapa langkah persiapan yang mudah dan murah meriah untuk skenario terburuk versi aku, check it out !

#PREP I, The Earthquaqe

Kotaku tinggal merupakan daerah yang rawan gempa, dan belakangan ini sering banget terjadi.
Jadi menyiapkan skenario terburuk ? Kenapa tidak ?
Pertama-tama menyediakan tas punggung, menyiapkan surat-surat penting, air minum 1.5 liter, biscuit gabin dan pakaian beberapa helai. Tas ini akan aku simpan ditempat yang mudah terlihat mungkin disamping tempat tidur. Kemudian Handphone diusahakan setiap malam selalu ter charge dan sebelum tidur simpan di tempat yang mudah terlihat.
Trus untuk jalur evakuasi sepertinya masih harus disurvey ke arah mana nih ..hehe ...kacau yah :P

#PREP II, The Inflation

Mungkin sobat masih ingat jaman tahun 1998 terjadi inflasi yang membuat dollar meroket, suku bunga naik pesat trus harga bahan ikut trend semua naik.
Nah sobat bisa melakukan persiapan dengan memiliki emas. Mengapa emas ?  karna emas memiliki nilai tukar yang lebih baik dari pada uang kertas. Dan jika memang belum mampu beli. Sobat dapat melirik Pegadaian, yang mana memiliki salah satu produknya untuk mencicil emas. Dan jika merasa cukup berbahaya untuk menyimpan di rumah bisa disimpan di pegadaian tentunya dengan membayar sewa yang cukup murah. Simple khan.

#PREP III, The Premium

Aku selalu mengalami bĂȘte setiap menjelang pidato presiden perihal kenaikan BBM yang masih dua bulan kemudian. Nah pidato ini memicu adanya kelangkaan BBM yang gak tanggung tanggung ilangnya sampe seminggu- dua mingguanan. Nah untuk persiapan kedepannya pengen bikin persediaan kurang lebih 4 liter saja (pake motor) . Dan digunakan hanya pada saat lagi  krisis saja. Oh yah sobat-sobat kalau mau nyimpan jangan sampe nimbun yaaa, simpan dalam jumlah yang memang dibutuhkan :)

# PREP IV, The Flood

Dahulu sekitaran tahun 2006 – 2008, Kota Palu memiliki curah hujan yang sangat sedikit, itu dulu. Sekarang Palu seperti mencoba berubah wujud mendekati kota Makassar di musim penghujan. Hujannya Horror. Jadi sedikit melakukan pesiapan boleh khan ? Paling-paling menambahkan beberapa buah handuk tebal tapi murah yang digunakan untuk menyumbat bagian bawah pintu atau jendela yang biasanya bisa dilalui air.

Nah…sobat-sobat berminat  jadi prepper juga ?     

Sumber gambar disini

Tidak ada komentar: