Translate

18.2.12

Saatnya Menabuh Genderang Perang Untuk Segala Penyakit !

Aku pernah mengalami kecelakaan cukup parah 30 April 2010 lalu, sepulang lembur dari kantor lama. Ditabrak oleh mahasiswa yang naik motor ugal-ugalan. Ujung-ujungnya  pasca kecelakaan aku sering mengalami vertigo akibat mengalami benturan di kepala nyaris selama tiga bulan. Dan sekarang hampir dua tahun setelah kejadian itu, aku mengalaminya lagi sebulan yang lalu.

Bukan hal yang menyenangkan untuk dilalui kembali, setiap akan berbaring perasaan berputar itu selalu datang. Hanya rasa mualnya saja yang sudah agak berkurang. Empat hari gak ada kemajuan, aku memutuskan untuk check-up memastikan gak ada keluhan lain sebelum ke dokter.
Tekanan darah oke, kolesterol normal, ini bermakna ada sesuatu yang tidak beres di kepala. Jadi rontgen kepala adalah check-up terakhir sebelum kedokter.

Dokter ? Ah dokter, ini tempat yang paling anti aku kunjungin . Antrinya, susananya yang putih putih, aroma obatnya, melihat orang sakit, ini semua membuat perasaan tidak nyaman. Tapi aku harus.
Dan paginya, disanalah aku duduk di kursi koridor rumah sakit balai keselamatan. Sengaja datang pagi supaya menghindari antri berjubel. Disebelahku duduk seorang ibu perkiraanku sekitar 60an. Ngobrol ngolor ngidul dengan salah satu keluarganya yang berada tepat disebelah ibu itu tentang riwayat penyakit dan berakhir  dengan pertanyaan berapa umur ibunya. Ternyata penilaianku meleset, ibu itu masih berumur 48 tahun dan menderita stroke.

Pikiranku melayang

Aku jadi ingat salah satu acara di star world “Australian Next Top Model” cyclenya lupa. Disalah satu episode para finalis diminta untuk gym dan setelah itu di ukur umur fisiknya oleh sebuah alat yang gak ngerti bagamaina cara kerjanya. Intinya gini, sobat mungkin berumur 18 tahun, namun jarang berolahraga, dan kebiasaan buruk lainnya yang mengakibatkan cepat lelah sehingga jika dilakukan umur fisik bisa menjadi berumur 40 tahun.

Seseorang yang berumur 30 tahun, tidak berolahraga, kurang minum air putih, konsumsi  junk food yang berlebih, ingatan yang lemah, kolesterol,  asam urat dan lain lain.  Bisa saja umur fisiknya 60 tahun. Bahkan mungkin penampilannya akan tampak seperti berumur 40 tahun.

Dan aku bahkan sobat mungkin bisa seperti itu, jika tidak segera merubahnya. Dan ini bisa dimulai dengan yang mudah dan murah meriah

Jogging, kenapa tidak.?
Namun pasti selalu selalu saja ada alasan untuk melakukannya.

Ah, gak ada waktu buat jogging !
Bangun lebih pagi,  sesuatu yang kita rutin lakukan akan menjadi kebiasaan dan kebiasaan yang terus menerus kita lakukan akan menjadi budaya

Daerahku gak memungkinkan untuk jogging track !
Yeey, niat atau nggak sih

Aku pengen ikut aerobic, tapi gak punya waktu ke gym !
Yah beli vcdnya saja, bisa dilakukan di rumah

Aku lebih sukanya ke gym disana lengkap alatnya !
Yah, Beli alatnya lah

Gak punya duit !
Ah, ribut, kelaut saja sanah

Initinya niat dulu pengen hidup sehat, mau sholat buat masuk surga saja pake niat.
Nah setelah niat jangan lama2 direalisasikan ntar basi lagi.
Olahraga membuat kita lebih fit, segar, bugar beraktifitas, dan jauh dari penyakit.

Well, met weekend yah dengan keluarga

Gambar diambil disini

Note : konsultasi ke dokter syaraf, gak ada masalah sama kepalaku hanya saja aku masih ngalamin trauma katanya trus dikasih obat (tp gak aku pake, keras kayaknya) dan terapi kejut listrik selama 3 sesi saja aku ikutin, mahal bo. Aku hanya kombinasi dengan olahraga, makan lebih sehat dan minum air putih trus setelah seminggu rutin jogging, vertigonya hilang lagi deh . tapi kalau terlalu lelah beraktivitas menyerang lagi tapi cepat hilang koq.

5 komentar:

Fajrin Thamrin mengatakan...

saya dengan main futsal 2-3 jam tiap minggu semoga umur fisiknya tidak terlalu tua :p

hijau mengatakan...

ayo olahragaa.. *susah sih memang* hehehe

Jaya mengatakan...

ni sama dgn kejadian yg saya alami,saya kecelakaan bln juni 2006,dan setelah itu jadi sering buanget vertigo..kadang bertahan sampe berbulan2 vertigonya,dah dksh berbagai mcm obat ma dokter,tp tetap aja kambuh2an...udh setahun gak vertigo,tapi skrg kambuh lagi vertigonya...mau ke dokter males deh dikasih obat mahal itu lagi(25 rb/biji) dan obat itu bikin gemukkkk.....bisa dishare gakj terapi kejut listriknya itu seperti apa ya?

Sri mengatakan...

@fajar :duh, olahraganya berat keqnya. awet muda pastinya :P
@hijau : banget kak :)
@jaya : terapinya, sama seperti orang yang terkena stroke. kepala akan ditusuk jarum di tiga bagian syaraf kepala plus belakang. Trus jarumnya nanti akan disambung dg aliran listrik dengan skala yg mampu diterima oleh tubuh. umumnya dirumah sakit besar pasti ada layanan ini.
Kalau soal obat, sy ada beberapa saran dr teman yg pernah mengalami jg. Mereka mengkonsumsi obat cina. Namanya penahong itu sekitaran 400 ribuan. Tokcer sih, hanya sekali minum (bhbg sudah lama dan berkurang tp konstan masih ada)nanti pengen coba juga sih. khasiatnya ? nanti dishare klu sudah dicoba :)

Btw 2006 dan sangat mengganggu? sudah direkam otak ? takutnya ada yang bermasalah selain trauma loh.

Dhymalk dhykTa mengatakan...

Mbak sri, biasanya trauma akibat kecelakaan memang biasanya kebawa mpe bertahun-tahun, konsul lebih jauh kedokter biasanya tiada kita sadari sewaktu-waktu jadi bomb waktu klo tdk ditangani dr awal. Klo herbal utamanya chinese punya rata2 memang tokcer punya. Semoga lekas sembuh...

Klo ane pribadi Badminton jadi solusi 2-3 dalam sepekan, klo males-an dampaknya ke perut yg hobby banget membesar..

eh tukeran link yuuk..monggo di cek di http://adiakmal.com