Translate

5.5.10

Penghargaan atau Umpan Balik ?

Pembayaran melalui Kredit ?
Siapa yang tidak tertarik ?
Sobat mungkin sering atau terkadang menerima sebuah brosur untuk membeli suatu barang dengan pilihan pembayaran melalui kredit yang terkadang diiming-iming dengan bunga yang rendah, cara pembayaran lebih murah, menggunakan kartu kredit dengan bunga 0 %.

Pstinya sangat menyenangkan melakukan belanja melalui sistem kredit namun jika tidak terkontrol itu bisa menjadi musibah buat sobat tercinta

Penghargaan atau Umpan Balik ?

Sengaja aku membuka postingan kali ini mengenai debt dalam sample yang lebih "pop corn" itung-itung abis update di beberapa situs news semuanya pada hot membahas tentang tawaran Ibu Sri Mulyani untuk menjabat salah satu jabatan bergengsi sebagai Direktur Bank Dunia.

Pasca krisis yang lalu Indonesia mempunyai hutang yang cukup besar pada IMF untuk merekonstruksi perekonomian tragedi tahun 1998 lalu dan ini telah lunas pada tahun 2006. Dan setelah lepas dari IMF nampaknya pemerintah (dalam hal ini kebijakan Ibu Sri Mulyani dan Pak Budiono saat itu) masih memerlukan uluran tangan dari
Bank Dunia yang hingga saat ini mencapai US$8,9 milyar (IBRD US$7,6 milyar, dan IDA US$1,3 milyar bersifat concessional). Sangat besar apalagi jika nilai dollar meningkat otomatis bunganya juga akan semakin tinggi. Bahkan setelah pinjaman ke bank dunia dan bank asia info terakhir adanya keinginan Ibu Sri Mulyani untuk meminjam kepada jepang.
Aku mahfum pos-pos pengeluaran negara memang besar baik rutin maupun untuk biaya pembangunan pasti beliau ruwet mikirnya manalagi jika terkait dengan skandal century tapi dengan memanfaatkan pinjaman dengan negara lain, bank dunia dsb. apakah itu ide yang bijaksana bagi seorang ibu Sri Mulyani ? Terlebih akan menjabat sebagai Direktur Bank Dunia, apakah tidak ada unsur umpan balik dengan kasus century yang belum juga selesai hingga saat ini ?
______
Mohon maaf jika postingan ini kurang berkenan ini hanya sebuah opini bebas
...hanya ingin Indonesia Mandiri ! Bebas dari Hutang ! Bebas dari Neolib !