Translate

18.2.10

Home Sweet Home : Yang Hot di Tahun ini !

Ingin mandiri ? siapa sih yang nggak ? Pertama kali mengambil keputusan untuk melakukan invest untuk harta tak bergerak inpun aku sampai mikir beberapa kali. Untung dan ruginya tentunya. Tapi apapun untuk tujuan yang baik, bismillah saja deh, semoga Allah selalu meridhoi keputusanku ini.
Dan dua tahun yang lalu tepatnya akhir tahun 2007 lalu akhirnya aku memutuskan untuk membeli sebuah kapling disebuah perumahan di kota palu tercinta ini, awalnya kakak kurang setuju berhubung statusku masih lajang dan bekerja di sebuah perusahaan swasta. Tapi lagi-lagi aku berpikir untuk tujuan yang baik kenapa tidak ? toh kedepannya aku bisa kontrakkan lagi jika butuh duit dan lain-lain, dan lain-lain.

Modal, modal dan modal

Ya iyalah sobat hal paling wahid dalam memutuskan pembelian ini harus punya modal yang cukup memadai. Gak punya ? kasian deh loh ! hehe. Becanda sobat, klu belum mencukupi banyak-banyakin nabung dulu trus banyak-banyakin sedekah dan berdoa deh sama yang di atas, Insya Allah dikasih.
Oia untuk daerah palu berhubung daerahnya masih belum berkembang sepenuhnya jadi tanah-tanah di sini masih murah jadi otomatis harga rumahnya juga akan murah. Sebagai contoh untuk tipe 45-an saja standarnya masih sekitaran 100 juta-an dengan sisa lahan yang lumayan luas untuk dikembangkan lagi. Ini lumayan murah loh timbang harga perumahan-perumahan baru dimakassar yang mematok harga 200-an juta. Untuk proses pembayarannya sendiri bisa dilakukan dengan pembayaran penuh ke pihak pengembang atau melalui proses akad kredit dengan pihak bank.

Kredit Bank

Walaupun rata-rata bank memberikan fasilitas kredit yang sangat menarik ada baiknya juga jika kita menelusuri plus minus kredit di masing-masing bank agar nantinya tidak menyesal. Istilahnya gak rugi gitu loh.
Umumnya bank-bank memberikan fasilitas kredit plafon 80 % tapi tak menutup kemungkinan ada juga yang 90 %. Salah satunya bank mandiri, tapi ini juga dilihat apakah rata-rata pendapatan konsumen mencukupi untuk melakukan akad kredit tersebut.
Sedangkan untuk jangka waktunya sendiri untuk bank-bank pemerintah umumnya mempunyai limit sampai 15 tahun sedangkan untuk bank swasta hanya mempunyai limit sampai 10 tahun.


Rangkuman

Mungkin terdapat beberapa hal remeh yang perlu diperhatikan pada saat memutuskan untuk membeli rumah, silahkan ditilik :
  • Kawasannya apakah cukup aman dihuni.
  • Fasilitas transportasi, pertokoan yang tidak cukup jauh tentunya.
  • Sebelum membeli dicek terlebih dahulu ke bagian pengembang apakah pada serah terima nantinya untuk surat-surat tanahnya/IMB/PBB sudah menjadi sertifikat hak milik (dipecah dari sertifikat induk dan mohon diperhatikan batasan-batasannya juga) serta apakah dalam pengurusan surat-surat tersebut sudah termasuk dalam biaya bersih pembelian rumah atau diluar dari itu.
  • Perhatikan untuk fasilitas listrik, air, saluran aiir dan septic tanknya juga.
  • Jika memutuskan untuk melakukan kredit perumahan melalui bank sebaiknya ditanyakan berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk provisi, asuransi, notaris (jika ada) dan biaya-biaya lainnya yang perlu dikeluarkan selama proses akad. Sebagai catatan tambahan dimasing-masing bank memiliki besaran biaya yang berbeda-beda dan jumlahnya tidak sedikit bo.

Oia sobat mungkin segini dulu postinganku nanti aku tambahin lagi jika sudah memasuki fase shopping interior hehe keq orang tajir saja deh...

1 komentar:

Anonim mengatakan...

I enjoy what you guys tend to be up too. This kind of clever work and exposure!

Keep up the awesome works guys I've included you guys to blogroll.

Quest Bars blogesaurus

Here is my webpage ... quest protein bars