Translate

12.2.10

Gurita PLN

Bukan maksud hati ingin membuat catatan tandingan buku pak george tentang gurita cikeas dan bukan pula ingin membahas tentang kabinet pemerintahan sekarang yang *************** (off the record deh pokoknya). Tapi kali ini aku hanya ingin menyampaikan uneg-uneg perihal pemadaman PLN yang beberapa hari ini mulai sampai ditaraf yang bikin eneg ! sungguh ! ini dari hati yang paling dalam.
Yoha sobat, beberapa hari ini penyakit PLN kambuh lagi di daerah kota palu. Penyebabnya masih dengan alasan yang lama persediaan batu bara tidak siap, habis dan sejumlah alasan yang dikemukakan dalam harian kota. Yang jelas, sebagai konsumen aktif kita hanya bisa menerima dan mengelus dada saja.


Capitalist enterprise



Sebenarnya sebagai perusahaan dengan ideologi kapitalis, PLN harusnya bisa lebih bijaksana dalam mengelola manajemen perusahaannya. Mengingat sebagai satu-satunya perusahaan listrik negara, masa tiap tahun harus selalu dilaporkan mengalami kerugian dan gak pernah meraih margin profit. Walalupun aku sangat awam untuk urusan pelaporan laporan keuangan pemerintahan tapi gak accountable juga khan jika terus-terusan rugi dan masih berdiri dengan indahnya di tengah kota bahkan menerima karyawan nyaris setiap tahunnya. Mana lagi issuenya yang mengelola orang-orang pemda, yang melakukan tender untuk pembangunan PLTU ini. Dan jika memang benar ampuun dije, mau dibawah kemana daerah ini jika setiap dana untuk pembangunan daerah selalu dipergunakan untuk keutungan pribadi terlebih dahulu. Aku rasa kedepannya KPK harus memeriksa PLN juga deh, minimal masyarakat bisa tahu jika seandainya memang terjadi pelanggaran atau saran apapun yang membuat PLN lebih baik lagi untuk ke depannya


Saving the Electricity


Hemat. ungkapan yang simple tapi padat.Mungkin sering sekali sobat melihat iklan-iklan pemerintah yang menyarankan untuk melakukan penghematan listrik pada pukul 17.00 - 22.00. Ini membuktikan bahwa supply untuk listrik menjadi sangat terbatas dari total jumlah industri/perusahaan maupun rumah tangga yang menggunakan jasa PLN. Jadi win win solutionnya yah pemda harus menambah pembangkit listrik lagi atau membuat kebijakan bagi industri atau perusahaan yang pemakaiannya lebih dari 15.000 kwh harus membuat pembangkit sendiri. Ini jika memang kapasitas supply daya lebih kecil dari konsumen yang ada.

Untuk solusi lainnya yah kita harus berhemat. Aku jadi ingat iklan global warming di MTV dulu :
  • Padamkan lampu yang tidak perlu
  • meninggalkan komputer/laptop/AC untuk jangka yang lama sebaiknya dipadamkan dan jangan dalam posisi stand by
  • reducing
  • recycling

"respect your environment for a better life"

Tidak ada komentar: