Translate

26.9.09

Luwuk, Kota Air


 











































Sulawesi tengah mempunyai beberapa daerah yang eksotik salah satunya adalah luwuk. Kota ini  ditempuh selama dua hari satu malam untuk perjalanan darat dari kota palu. Nyaris sepanjang perjalanan darat menuju ke kota ini kamu akan disuguhi pemandangan-pemandangan dengan view yang berbeda di setiap daerahnya. Dari pemandangan gunung dengan laut kemudian daerah stepa  lalu ada daerah tandus tapi dengan pasir putihnya yang bisa dilihat dari badan jalan dan banyak pemandangan lain yang tak bisa aku gambarkan secara detail di tempat ini. Sobat, perjalanan ini terlalu indah untuk diungkapkan lewat kata-kata.. 

Menjelang memasuki kota luwuk, kamu akan memasuki daerah dengan jalan yang hanya muat dilewati dua mobil dan sebagai informasi jalan ini tidak muat untuk truk segede gambreng dan mobil berjalan seiring. Daerah ini seperti hutan-hutan dengan pohon-pohon besar disepanjang badan jalan. Lalu setelah setengah jam kalu nggak salah kamu akan menemukan daerah pantai dengan penuh pohon kelapa yang menjulang tinggi itu. Nah itu tandanya kamu telah memasuki kota luwuk.

Kota luwuk adalah salah satu kota  penghasil kopra jadi akan banyak sekali pohon kelapa ditemukan di sini, toh sebagian masyarakat disini hidup dari hasil kopranya. 

Oh yah, ada yang unik dalam perjalanan menuju kota ini, setelah melewati daerah penuh pohon kelapa tadi aku berfikir sudah tiba karena telah melihat pintu ucapan selamat datang tapi ternyata aku salah besar kamu harus menuruni daerah ini lagi karena pusat kota  luwuk berada di daerah pantai. Menuruni daerah ini mengingatkanku akan jalanan menuju alun-alun di Surakarta dulu..sebuah daerah dengan jalanan yang lengang dan dikelilingi tembok-tembok tapi bedanya disini bukan tembok alun-alun tapi tembok rumah penduduk dengan jalanan yang curam, jadi buat pengendara amatir jangan coba-coba berada dibelakang setir jika melewati daerah ini karena harus banyak-banyak injak kopling dan rem.

Dulu dipikiranku kota luwuk itu adalah kota yang sangat teramat panas tapi ternyata aku salah kota  ini agak “lumayan” sejuk dan yang membuatku kaget di jalan-jalan swadaya sering banget muncul air jernih yang sumbernya entah darimana. Pokoknya kota ini selalu memiliki mata air yang menyembul ditempat yang tak pernah kamu duga..

Sobat, peernah waktu pertama kali aku ke kota ini aku iseng-iseng ke selokan dibelakang rumah penduduk dan kamu tahu air selokan itu bersiiiiiiih banget seumur-umur belum pernah aku melihat air selokan sebersih itu . dan ini terdapat disemua selokan yang ada di kota luwuk.

Well, mungkin karena berlimpahnya air sehingga kota ini dijuluki kota air.

Kuliner 

Luwuk dan tempat makan enak ? ...nah ini dia susah banget untuk mendapatkan variasi makan enak di kota ini, istilahnya jika ingin makan enak belanjalah dan masak sendiri ! Disini hanya mudah mendapatkan warung ikan bakar sederhana, binte, bakso tapi jangan coba-coba mencari menu fast food disini atau KFC atau bahkan masakan jepang kamu hanya buang-buang waktu saja mencarinya.

Untuk cemilan aku tak tahu pastinya tapi cemilan yang paling mudah ditemui adalah gorengan, pisang goreng, tahu goreng dan sukun goreng,  di pinggiran jalan  yang menjual jenis makanan ini banyak banget.  Tapi emang enak sih, apalagi pake sambal… aku juga doyan. Hehe

Well, mungkin hanya seimprit ini saja yang bisa aku sampaikan tentang kota ini selebihnya silahkan datang sendiri dan menilai kota ini bagaimana…..

 

Me..

full of spirit in the afternoon….

just listening to Cullum

in Mind Trick

 "  I…missed the opportunity

To get you babe to stay with me

Never tought I regret the excuses that I’ve made

Like a song it will fade.... "

___________________

Photo : Edited by MS Office Picture Manager

1 komentar:

widayat mengatakan...

GOOD, saya suka artikel sobat, bukan karena saya asli Kota tersebut, melainkan sobat menulis yang sebenarnya. TQ yaaaa, sukses slalu, kami tunggu kedatangannya lagi, keramahan kami selalu menyambut