Translate

29.8.08

Marhaban Yaa Ramadhan

Tahun ini saya bersyukur banget Allah S.W.T masih mempertemukan diriku dengan bulan suci ramadhan. Yah, tahun lalu agak menurun, gak khusuk karena fisik agak lemah jadi jatuh sakit, mungkin karena kurang makanan bergizi. tapi tahun ini harus prepare yang lebih oke. Minum supplement, susu kalsium ;P, buah dll.
Pokoknya harus semangat !
Duh...jadi ingat waktu kecil dulu. Betapa menyenangkannya memasuki bulan puasa. Pra bulan puasa biasanya sekeluarga gotong royong membersihkan rumah. Maklum kata ibu " Bulan puasa jangan cuman mensucikan diri tapi lingkungan juga perlu. " Jadi acara bersih-bersih jadi merupakan salah satu tradisi sebelum memasuki bulan puasa.
Kemudian sahur...oh iya jadi ingat dulu biasanya setelah shalat subuh didepan ruman (Jl. Cendrawasih, Makassar) biasa diadakan lomba balapan dadakan. He'em sebenarnya bukan balapan tapi acara pertemuan muda-mudi saja. Biasanya berlangsung selama 2 jam. Tapi semenjak SMP saya sudah tidak pernah menemui acara ini lagi. Mungkin karena pernah mendapat teguran dari kepolisian..
Rumah saya dulu agak dekat dengan mesjid ...mesjidnya dah lupa namanya. (soalnya sudah gak tinggal disana lagi). Didepan mesjid itu sering disulap jadi pasar ramadhan. Wah ! mata bisa terlena klu lama-lama disana. Bermacam-macam menu pembuka ada dijual. Dari kolang-kaling, kue-kue. Tak ketinggalan penjual kelapa muda. Slurp!. Well, kelapa muda. Biasanya untuk pergi berbelanja kelapa muda atau kue-kue pembuka saya yang ditugaskan. Yah, sudah begini klu menjadi anak bungsu. Suka disuruh-suruh. Tapi ajaibnya saya senang banget melakukannya, biar gak dikasih upah saya tetap pergi. Anyway karena setiap hari selama bulan puasa disuruh beli kelapa muda akhirnya pinggiran celana/rok saya dulu bernoda akibat tumpahan kelapa muda.
Tiba dirumah, saya disambut ibu saya yang menunggu untuk menyiapkan menu-menu pembuka.
Ah...rindunya masa-masa itu. Sayang sekarang kakak sudah memiliki keluarga sendiri dan berjauhan. Jadi untuk melakukan kumpul keluarga lagi, kayaknya susah banget.

Tidak ada komentar: